INDONESIA ART AWARD (IAA) adalah kompetisi seni rupa dan pemberian award bagi para seniman Indonesia. IAA merupakan program tetap Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), diselenggarakan sejak tahun 1994 dengan nama Phillip Morris Art Awards. Dan sejak tahun 2001 program ini dinamakan Indonesia Art Award. Kompetisi ini bertujuan untuk mengukur perkembangan mutakhir dalam praktik seni rupa sekaligus merangsang dan memacu berbagai penemuan baru yang terus diupayakan oleh seniman Indonesia.

Kompetisi ini telah banyak melahirkan seniman-seniman terkemuka Indonesia sekaligus telah mengatar para seniman tersebut ke kancah internasional. Pada saat itu para pemenang IAA diiskutsertakan dalam event kompetisi tingkat ASEAN dan beberapa di antaranya telah berhasil menjadi pemenang sehingga turut mengangkat reputasi seni rupa Indonesia dalam percaturan Internasional. Beberapa seniman yang telah menjadi pemenang dalam kompetisi ini antara lain Sunaryo, Nyoman Erawan, Agus Suwage, Yuswantoro Adi, dan banyak seniman lain yang kemudian menjadi seniman papan atas Indonesia.

IAA 2008 ini akan mengangkat tema SENI TANPA BATAS. Kompetisi ini terbuka untuk diikuti oleh seniman-seniman Indonesia tanpa batasan usia sekaligus tanpa batasan kategori media. Jika pada kompetisi-kompetisi sebelumnya hanya melombakan kategori seni lukis, pada IAA 2008 ini akan dikompetisikan semua kategori seni rupa. Semua kategori itu kini tidak lagi dibeda-bedakan. Semua dirangkum dalam satu kategori: SENI. Ini merupakan respon terhadap perkembangan seni rupa yang cenderung tak lagi terkotak-kotak: seni lukis, patung, grafis, instalasi, vidoa art, atau yang lain. Semuanya memiliki nilai yang sama sebagai karya seni.

Sejak tahun 1994 kompetisi ini secara teratur diadakan setiap setahun sekali, dan mulai tahun 2008 ini akan diadakan setiap dua tahun sekali dengan menyeleksi sebanyak 100 finalis dan pemberian penghargaan untuk 10 Karya Terbaik, dengan hadiah total sejumlah 130 juta rupiah. Pengumuman pemenang pada tanggal 3 Juli 2008 sekaligus pada saat pembukaan pameran 100 karya finalis di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.
Para pemenang akan dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari para kurator, kritikus dan peneliti seni terkemuka.

Adapun syarat-syarat untuk ikut serta dalam kompetisi ini adalah:

  • Peserta adalah perseorangan dan atau kolaborasi (kelompok).
  • Tidak ada batasan usia.
  • Karya yang dikirim terhitung dibuat dalam dua tahun terakhir. –
  • Ukuran Bebas.
  • Maksimum mengirim 3 (tiga) karya.
  • Materi Lomba:
  1. Lukisan, Fotografi, Cetak Digital: 2 lembar foto ukuran 10 R.
  2. Patung, grafis, keramik, instalasi, obyek : 4 lembar foto ukuran 10 R yang menampilkan 3 sudut pandang: tampak depan, samping, belakang dan tampak atas.
  3. Video Art : Dalam bentuk 1 keping CD/DVD dengan resolusi gambar yang baik.
  • Melampirkan keterangan karya lengkap: judul, ukuran, teknik, format, bahan dan hal-hal yang berkaitan dengan karya dalam selembar kertas. Juga melampirkan biodata (curriculum vitae), alamat surat, email, nomor telepon/HP, fax, email dan fotokopi KTP/SIM atau bukti identitas yang masih berlaku.

Tenggat Penerimaan Karya
Materi persyaratan (foto, CD/DVD, CV, alamat peserta) sudah diterima selambat-lambatnyan ya pada tanggal 20 Mei 2008, dikirim ke alamat: Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Galeri Nasional Indonesia – Gedung B, Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat 10110. Telp. 62 22 3861603, Fax. 62 22 3861535.

Pengumuman
3 karya pemenang utama dan 7 karya terbaik akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2008 bersamaan dengan pembukaan pameran sekaligus malam penganugerahan pemenang IAA 2008.

Pameran

Pameran 100 finalis akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 14 Juli 2008 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Award Indonesian Art Award (IAA) akan memberikan penghargaan dalam bentuk uang tunai kepada 10 Karya Kategori Terbaik:

1. Terbaik Pertama : Rp. 25.000.000,00 (Dua Puluh Lima Juta Rupiah)
2. Terbaik Kedua : Rp. 20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah)
3. Terbaik Ketiga : Rp. 15.000.000,00 (Lima Belas Juta Rupiah)
4. Terbaik (4-10) : Rp. 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah)

Informasi lebih lanjut, buka website: www.indonesiaartaward.com

Kontak: YSRI, Galeri Nasional Indonesia – Gedung B, Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat 10110. Telp. 62 22 3861603, Fax. 62 22 3861535. E-mail: ysri_seni@yahoo.com

About Komunitas Seni Belanak

Komunitas Seni Belanak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s