Padang, Padek – Dalam upaya pengembangan seni dan budaya serta peningkatan apresiasi seni masyarakat khususnya di bidang seni rupa, UPTD Taman Budaya Sumbar kembali menggelar pameran seni. Kali ini, UPTD Taman Budaya akan menampilkan karya seni dari komunitas seni belanak bertajuk “Apresiasi Urban” pada 23 Agustus hingga 29 Agustus mendatang di galeri Taman Budaya.

Ibrahim, dari komunitas seni belanak mengatakan dalam pameran itu nantinya akan dipamerkan sebanyak 53 karya seni, terdiri karya kolaborasi dan personal dari komunitas seni belanak. Dimana beberapa dari karya seni tersebut pernah ditampilkan pada pameran seni di Jakarta dan Yogyakarta.Tujuannya, kata Ibrahim, untuk memperkenalkan hasil karya seni dari perupa-perupa komunitas seni belanak kepada masyarakat umum, sekaligus memberikan dorongan kepada para kolektor baik dalam maupun luar Sumbar untuk mengoleksi karya seni dari perupa Sumbar.

“Secara komunitas, kita ingin meningkatkan apresiasi masyarakat serta membangun image terhadap karya seni di Sumbar. Bahwasanya, karya seni yang dihasilkan oleh perupa Sumbar tidak kalah dibanding perupa-perupa daerah lainnya,” ujar Ibrahim sembari mengatakan pameran komunitas seni belanak tersebut akan dibuka langsung Pemimpin Umum Harian Pagi Padang Ekspres, Sutan Zaili Asril.

Sementara, Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar, Asnam Rasyid mengatakan Taman Budaya sebagai fasilisator berusaha untuk memfasilitasi para seniman dalam memajukan kesenian. Salah satunya adalah dengan menggelar berbagai pameran karya seni bekerjasama dengan para perupa atau komunitas seni yang ada di Sumbar.

Strategi itu, katanya perlu untuk diwadahi guna mengekspresikan potensi-potensi kesenian yang dimiliki para perupa Sumbar agar diketahui masyarakat umum dan juga dapat mendorong pertumbuhan kolektor seni.

“Sumbar merupakan daerah yang kaya dengan para perupa. Namun, hasil karyanya banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat umum. Maka dari itu, Taman Budaya sebagai fasilisator dalam pengembangan seni dan budaya di Sumbar dapat berperan dalam menghidupkan karya seni dari para perupa,” ujar Asnam didampingi Kasi Pagelaran Taman Budaya, Mardanis dan penata, Indra Budiman. (mg15)
Dimuat pada di Harian Pagi Padang Ekspres, Jumat, 22 Agustus 2008

About Komunitas Seni Belanak

Komunitas Seni Belanak

One response »

  1. pernikahan adat mengatakan:

    Begitu indah dan kaya Indonesia ini, mari bersama kita lestarikan budaya kita,, salam kenal dari Pernikahan Adat Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s