Padang, Padek – UPTD Taman Budaya Sumbar kembali memamerkan karya-karya terbaik dari perupa Sumbar. Pameran ini sekaligus bertepatan lima tahun keberadaan Komunitas Seni Belanak. Pameran dibuka oleh Pemimpin Umum Harian Pagi Padang Ekspres, H St. Zaili Asril, di galery Taman Budaya Sumbar, Sabtu, kemarin, yang akan berlangsung hingga Jumat, (29/8) mendatang.

Zaili Asril dalam sambutannya mengatakan, pameran seni mempunyai makna dan arti tersendiri bagi para perupa dalam menciptakan karya seni. Melalui pameran ini, kata Zaili, dapat menjadi wahana pembelajaran dan peningkatan apresiasi keseniannya.

“Kita semua bisa menyadari, banyak perupa-perupa Sumbar yang mempunyai karya seni bagus, namun ada di antara mereka yang belum pernah mendapat kesempatan pameran. Nah, melalui pameran ini dapat memberi kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan hasil karyanya kepada masyarakat umum,” ujar Zaili.

Selain itu, lanjutnya, pameran bisa menjadi ajang perkenalan, baik karya konvensional, alternatif maupun karya-karya eksperimen, khususnya, bagi publik seni rupa dan masyarakat umumnya. “Melalui pameran bisa muncul tanggapan kritis dan respons positif masyarakat terhadap hasil karya para perupa. Sekaligus meningkatkan hubungan antara perupa dengan kolektor dan pemerhati seni,” ungkap Zaili.

Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar, Asnam Rasyid mengungkapkan, pameran seni rupa ini bertujuan menggali potensi ruang seni bagi para perupa. Pameran, tambahnya, juga merupakan suatu pertanggungjawaban dan ajang dialog dengan publik yang lebih luas, khususnya bagi pecinta dan pengamat seni.

Kurator seni, Ibrahim menjelaskan pameran kali ini mengambil tema “Apresiasi Urban” menampilkan sebanyak 53 karya seni, yang terdiri dari karya kolaborasi dan personal dari komunitas seni belanak, mencakup seni lukisan, patung, grafis, performance art dan lainnya. Beberapa dari karya seni tersebut pernah di tampilkan pada pameran seni di Jakarta dan Yogyakarta. (mg15)

Dimuat pada di Harian Pagi Padang Ekspres, Minggu, 24 Agustus 2008

About Komunitas Seni Belanak

Komunitas Seni Belanak

One response »

  1. Aghoes mengatakan:

    Pembelajaran bagi generasi muda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s